Your SEO optimized title Your SEO optimized title

5 Dasar Kriteria Memilih Belt Conveyor Tambang Untuk Profit Optimum

Artikel kali ini akan melihat lebih dekat berbagai jenis belt conveyor tambang dan faktor penentu yang harus dipertimbangkan ketika memilihnya untuk conveyor belt di pertambangan Anda.

Penggunaan conveyor tambang pada pengolahan miningemas

Pengantar

Ada banyak bagian dan komponen yang membantu memberi kekuatan pada belt conveyor, terlepas dari lokasi atau aplikasi produknya. Ada idlers, derek, bantalan, kopling, gearbox, motor, kopling fluida, dan pencakar serta strukturnya.

Tetapi salah satu komponen yang lebih jangan terlewatkan yang terlibat dalam pengaturan conveyor tidak lain adalah belt atau sabuk. Belt adalah komponen penting yang dirancang untuk benar-benar mendukung dan mengangkut produk dari Titik A ke Titik B.

Komposisi Belt Conveyor Tambang

Secara umum blt conveyor konvensional terdiri dari tiga lapisan, yaitu:

  1. Lapisan atas, atau penutup, yang menjadi sandaran produk saat pengangkutan;
  2. Lapisan tengah juga dikenal sebagai carcass, yang membantu mendukung sabuk. Carcass itu cenderung terbuat dari logam atau kain tenun;
  3. Lapisan penutup bawah untuk melengkapi riasan sabuk.

Saat ini, belt conveyor tersedia dalam beberapa kategori. Untuk conveyor tambang sendiri, ada tiga jenis belt conveyor yang populer untuk aplikasi industry pertambangan khususnya aplikasi tambang bawah tanah.

layanan

Kategori Belt Conveyor Tambang

Kategori conveyor belt untuk pertambangan aplikasi bawah tanah meliputi:

Multi-ply (Multi Lapis)

Belt ini terbentuk dari berbagai lapisan bahan yang dipisahkan oleh karet, yang membantu mengurangi benturan. Sabuk multi-lapis ini memiliki keunggulan yaitu penggunaannya yang dapat bertahan lama.

Straight-warp

Ketahanan terhadap guncangan dan sobekan adalah dua atribut utama dari jenis conveyor belt ini, yang menampilkan benang dan poliamida di kedua sisi.

Steel-cord (Kabel baja)

Belt ini ditambatkan dengan kabel baja, yang membentang sepanjang belt.

Dasar Kriteria Pemilihan Belt Conveyor Tambang

Belt conveyor tambang pada penambangan bijih besi

Faktor terbesar dalam memilih conveyor belt yang tepat adalah produk yang akan diangkut dan di mana ia akan berada.

Tentu saja, conveyor yang mengangkut kemasan atau bahan ringan di pabrik atau gudang dengan suhu terkontrol suhu dengan conveyor yang mengangkut produk berat di bawah tanah di tambang dan tambang secara umum.

Itu sebabnya aplikasi dan lingkungan harus menjadi pertimbangan utama ketika belt dipilih. Semu komponen conveyor belt perlu bekerja dengan baik untuk mempertahankan produktivitas. Masalah seperti robekan belt, sobekan, atau kerusakan juga dapat menggagalkan operasi conveyor secara keseluruhan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan produktivitas dan juga hilangnya keuntungan.

Selain dari lingkungan dan aplikasi dari conveyor, berikut adalah beberapa faktor kunci lain yang berperan dalam menentukan belt conveyor tambang.

Jasa Fabrikasi Conveyor Terlengkap (Kualitas, Harga & Waktu Terjamin!)

Tahan Api – Komponen Pemilihan Belt Conveyor Tambang

Apabila konveyor tambang Anda beroperasi di lingkungan bawah tanah, maka konveyor MSHS Part 14 harus memenuhi persyaratan tahan api.

Pastikan bahwa Anda sepenuhnya menyadari aturan dan peraturan yang dapat memengaruhi jenis belt yang Anda pilih untuk conveyor tambang Anda. Hal ini untuk memastikan Anda beroperasi pada tingkat keselamatan maksimum, dan tetap patuh pada ketentuan yang berlaku.

Masa Penggunaan

Beberapa jenis belt dibuat untuk dapat bertahan lebih lama dari jenis yang lain. faktor-faktor tertentu seperti umur panjang dan daya tahan merupakan fakto penting berdasarkan jenis lingkungan tertentu.

Conveyor tambang untuk aplikasi di bawah tanah atau mengangkut material dari tambang, menuntut daya tahan lebih lama pada belt conveyor daripada belt conveyor di pabrik yang mengangkut kotak kosong.

Pahami kebutuhan Anda dalam hal ketahanan dan ketangguhan. Kegagalan untuk mempertimbangkan ini dapat mengakibatkan hilangnya produktivitas dan peningkatan waktu henti.

Tahan korosi

Belt dapat mengalami korosi terutama yang menyatukan logam atau ada komponen logam dalam struktur conveyor.

Mungkin pada fasilitas dengan kondisi yang dikendalikan korosi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, korosi dapat menimbulkan beberapa tantangan pada conveyor yang terletak di bawah tanah di mana suhu, tingkat kelembaban, dan kelembaban memiliki kecenderungan untuk berfluktuasi.

Lebar & Panjang Sabuk

Sama seperti semua sabuk tidak dibuat untuk aplikasi yang sama, mereka tentu tidak dibangun dengan lebar atau ukuran yang sama.

Belt yang Anda lihat di jalur konveyor di kasir toko bahan makanan, misalnya, memiliki lebar dan panjang yang jauh lebih kecil daripada yang Anda temukan di bawah produk pengangkutan darat dari tambang.

Meskipun banyak belt dapat dibuat khusus agar sesuai dengan panjang dan lebar yang diinginkan, selalu terbaik untuk mengetahui persyaratan ukuran Anda.

Suhu

Sesuai dengan seluruh poin kami untuk memastikan sabuk apa pun yang Anda pilih cocok dengan produk atau bahan yang akan dibawa oleh konveyor dan lingkungan di mana konveyor akan dipasang. Suhu adalah parameter adalah salah satu yang penting untuk didiskusikan untuk memilih conveyor tambang.

Memilih belt yang sesuai dengan MSHA Bagian 14 yang disebutkan di atas adalah keharusan, tetapi conveyor yang digunakan pada pemrosesan bahan panas adalah memiliki kriteria lain lebih dari itu. Sebagi contoh, jika Anda mengangkut material dengan panas 220°F atau sekitar 105°C, mungkin belt tidak terbakar, itu belt akan mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

Pada kondisi seperti inilah belt yang dirancang dengan sifat termal tertentu bisa berguna.

Jual Roller Conveyor ! (Bisa Custom Sesuai Kebutuhan Industri Anda)

Memilih Fabrikator Conveyor Tambang Terbaik

Jangan mengabaikan aplikasi belt conveyor yang cocok saat merancang sistem conveyor tambang Anda. Ini adalah bagian penting dari keseluruhan teka-teki dalam memastikan bahwa tujuan produktivitas dan laba tidak hanya terpenuhi, tetapi terlampaui.

Kami, PT Datum Presisi Indonesia sebagai perusahaan fabrikasi logam, siap membantu Anda memilih belt dan memfabrikasi conveyor tambang Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
error: Alert: Content is protected !!