Your SEO optimized title Your SEO optimized title

2 Hal Paling Penting tentang Fabrikasi Storage Tank Wajib Anda Tahu

Artikel ini menjelaskan tentang 2 hal tentang fabrikasi storage tank yaitu 4 jenis storage tank dan raw material bahan penyusun konstruksi tanki peyimpanan.

Storage Tank

Apa Itu Storage Tank?

Istilah Storage Tank atau “tangki penyimpanan” memiliki definisi yang sangat luas. Meskipun kedengarannya cukup sederhana, tangki penyimpanan akan bervariasi dari orang ke orang dan industri ke industri.

Tank ini  yang dibuat khusus dapat dirancang dan dibangun untuk mengandung cairan organik, cairan non-organik, uap, atau padatan. Tangki khusus ini dirancang dan dibangun secara khusus dengan mempertimbangkan kebutuhan dan penggunaan pelanggan.

Industri di mana Storage Tank dapat ditemukan biasanya adalah industri yang mengonsumsi atau memproduksi barang, cairan, dan uap. Industri menyukai minyak baik dalam memproduksi atau memproduksi minyak bumi, teknik kimia dan atau manufaktur, dan industri pertanian untuk penyimpanan massal.

Terus baca untuk mengetahui rincian jenis dan material untuk membuat tanki penyimpanan. Sebelum membahas fabrikasi storage tank, alangkah baiknya kita bahas arti atau pengertian storage.

Arti Storage

Seperti pengertian tentang storage tank, arti storage juga bervariasi tergantung industri. Berikut adalah beberapa definisi arti storage, jadi storage adalah:

  1. the act of storing something – tindakan menyimpan sesuatu;
  2. a depository for goods – tindakan menyimpan sesuatu;
  3. the commercial enterprise of storing goods and materials – tempat penyimpanan barang perusahaan komersial menyimpan barang dan bahan;
  4. (computer science) the process of storing information in a computer memory or on a magnetic tape or disk –  (Ilmu komputer) proses menyimpan informasi dalam memori komputer atau pada pita magnetik atau disk;
  5. an electronic memory device – perangkat memori elektronik;
  6. depositing in a warehouse       – menyetor di gudang;
  7. The act of depositing in a store or warehouse for safe keeping; also, the safe keeping of goods in a warehouse – Tindakan menyetor di toko atau gudang untuk penyimpanan yang aman; juga, penyimpanan barang yang aman di gudang.

layanan

Jenis-Jenis Storage Tank

Penggunaan dari tank dan material apa yang akan disimpan dalam tanki akan menentukan jenis tanki yang dibutuhkan.

Spherical Storage Tank

Spherical storage tank terutama digunakan untuk penyimpanan cairan tekanan tinggi. Bentuknya yang melengkung membuat spherical tank sangat kuat. Distribusi tegangan yang merata pada permukaan bola, baik secara internal maupun eksternal, secara umum berarti bahwa tidak ada titik lemah.

Namun Spherical tank, jauh lebih mahal untuk diproduksi daripada kapal silinder. Keuntungan dari kapal penyimpanan berbentuk spherical adalah, bahwa mereka memiliki luas permukaan yang lebih kecil per satuan volume dibandingkan bentuk kapal lainnya.

Ini berarti, bahwa jumlah panas yang ditransfer dari lingkungan yang lebih hangat ke cairan di spherical storage tank.

Cylindrical Storage Tank

Cylindrical storage tank banyak digunakan untuk penyimpanan karena lebih murah untuk diproduksi daripada bola. Namun, cylindrical tank tidak sekuat spherical tank karena titik lemah di setiap ujungnya.

Ujung hemispherical atau bundar yang dipasang mengurangi kelemahan ini. Jika seluruh cylindrical tank dibuat dari bahan yang lebih tebal dari bejana bulat yang sebanding dengan kapasitas yang sama, tekanan penyimpanan dapat serupa dengan spherical storage tank.

Cara Paling Tepat Memilih Tangki Air Industri Kustom Volume Besar

Fixed Roof Storage Tank

Fixed roof storage tank biasanya yang paling murah untuk dibangun. Mereka umumnya dianggap sebagai peralatan minimum yang dapat diterima untuk menyimpan cairan. Tank dengan atap tetap tipikal terdiri dari cangkang baja silinder dengan atap berbentuk kerucut atau kubah yang ditempelkan secara permanen pada cangkang tank.

Tank biasanya dilas penuh dan dirancang untuk cairan dan uap. Katup pernafasan sering dipasang pada fixed roof tank. Hal ini memungkinkan tangki untuk beroperasi pada tekanan atau sedikit kekosongan internal. Katup ini mencegah pelepasan uap selama perubahan suhu, tekanan barometrik, atau tingkat cairan yang sangat kecil.

Floating Roof Storage Tank

Floating roof storage tanks terutama digunakan untuk penyimpanan dekat tekanan atmosfer. Atap apung dirancang untuk bergerak secara vertikal di dalam rangka tangki untuk memberikan jarak minimum yang konstan antara permukaan produk dan langit-langit dan menyediakan segel kontinu antara periferal tangki dan atap apung. Ini dapat dibuat dari jenis yang terpapar ke lingkungan atau jenis yang ada di dalam atap tetap.

Floating roof tanks internal dengan atap tetap eksternal digunakan di daerah salju berat karena akumulasi salju atau air mempengaruhi operasi daya apung.

Kedua jenis tangki, Fixed roof storage tank atau Floating roof storage tanks internal digunakan untuk mengurangi kehilangan uap dan menjaga cairan yang tersimpan.

Floating roof tanks eksternal yang khas terdiri dari selubung baja silinder terbuka yang dilengkapi dengan atap yang mengapung di permukaan cairan yang disimpan, naik dan turun dengan tingkat cairan.

Floating roof tanks eksternal dilengkapi dengan sistem rim seal, yang melekat pada perimeter atap dan menyentuh dinding tangki. Sistem rim seal bergeser ke dinding tangki saat atap dinaikkan dan diturunkan.

3 Hal Karakteristik Terpenting untuk Perusahaan Jasa Fabrikasi Tangki

Bahan Konstruksi Storage Tank

Storage tank dapat dibuat dari beberapa bahan yang berbeda. Jenis yang Anda pilih untuk tangki Anda akan tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakan tangki, bahan yang Anda rencanakan untuk disimpan dan kondisi di mana Anda akan menyimpannya.

Stainless Steel Tank

Stainless steel adalah pilihan umum untuk storage tank, dan dengan alasan yang bagus. Stainless steel storage tank yang dilas juga sangat tahan lama. Baja tahan karat menawarkan ketahanan terhadap korosi, karat, api, dan sinar UV, yang berarti tangki-tangki ini bertahan jauh lebih lama dari baja atau beton yang dilas.

Stainless steel storage tank yang dilas juga merupakan solusi penyimpanan yang bebas bocor, artinya Anda dapat percaya bahwa apa yang Anda simpan di dalam akan tetap berada di dalam. Berbagai lapisan dapat ditambahkan ke bagian dalam tangki stainless steel untuk memungkinkan berbagai penggunaan dari menyimpan air dan bahan makanan untuk pupuk kimia dan produk minyak bumi.

Stainless steel juga memiliki umur panjang yang membuatnya cukup terjangkau. Biaya kepemilikan lebih rendah daripada tangki beton atau baja. Tangki stainless steel membutuhkan perawatan lebih sedikit dan akan bertahan lebih lama.

Selain itu, tangki stainless steel adalah opsi penyimpanan yang ramah lingkungan. Stainless steel benar-benar dapat didaur ulang begitu sebuah tangki dikeluarkan dari layanan, dan lebih dari setengah dari stainless steel baru yang digunakan saat ini terbuat dari bahan yang sebelumnya didaur ulang.

Baja Karbon Tank

Baja karbon memiliki kandungan karbon lebih tinggi dari baja tahan karat. Karena jumlah karbon yang lebih besar, tangki yang dibuat dengan bahan ini menawarkan distribusi panas yang lebih baik. Ini berguna untuk pelanggan yang berencana memanaskan isi tangki mereka. Baja karbon juga tahan aus, yang merupakan kualitas penting dalam tangki industri, serta mudah ditempa.

Kandungan karbon yang lebih tinggi membuat baja lebih keras dan lebih kuat dari baja lainnya. Tangki yang dibuat dengan baja karbon cenderung lebih terjangkau. Tangki yang terbuat dari baja karbon membutuhkan bahan yang lebih sedikit daripada tangki stainless steel, sementara bahannya lebih murah daripada yang digunakan untuk tangki logam eksotis.

Baja karbon biasanya lebih disukai dalam situasi di mana tangki akan disimpan di dalam ruangan atau di bawah penutup. Karena baja karbon lebih rentan terhadap karat, yang terbaik adalah menempatkan tangki-tangki ini di dalam ruangan.

Cara Paling Tepat Memilih Tangki Air Industri Kustom Volume Besar

Dimana Fabrikasi Storage Tank Terpercaya?

Bekerja dengan perakit logam khusus untuk merancang dan membangun Storage Tank akan memastikan Anda akan mendapatkan tangki industri yang sepenuhnya memenuhi kebutuhan Anda.

PT Datum Presisi Indonesia akan bekerja dengan Anda untuk memilih jenis tanki penyimpanan yang tepat dan bahan terbaik untuk membuatnya. Ini akan menjamin tangki penyimpanan berkualitas yang akan bertahan lama untuk Anda.

Kualitas sebuah tangki hanya akan setara dengan kualitas baik welding yang menyatukannya. Biarkan standar tinggi Pengelasan kami bekerja untuk Anda.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: checked
Scroll to Top