Your SEO optimized title Your SEO optimized title

2 Perbedaan Mendasar Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur

Teknik fabrikasi logam dan manufaktur adalah dua istilah industri yang secara kasar merujuk pada proses produksi atau konstruksi. Teknik manufaktur adalah proses pembuatan produk dalam skala besar menggunakan mesin. Teknik fabrikasi logam adalah proses pembuatan produk yang merakit berbagai bagian standar.

Teknik Fabrikasi logam dan Manufaktur

Perbedaan utama antara teknik fabrikasi dan manufaktur adalah manufaktur melibatkan pembuatan produk dari bawah ke atas sedangkan fabrikasi melibatkan perakitan komponen standar.

Apa Arti Teknik Fabrikasi Logam?

Arti teknik fabrikasi logam, yang mengacu pada proses pembuatan produk dengan menggabungkan beragam, biasanya bagian standar. Kamus Oxford mendefinisikan kata kerja fabrikasi sebagai “membangun atau memproduksi (produk industri), terutama dari komponen yang disiapkan,” sedangkan Merriam-Webster mendefinisikannya sebagai “membangun dari bagian yang beragam dan biasanya standar.”

Dengan demikian, konsep fabrikasi selalu melibatkan proses perakitan. Contoh dari proses fabrikasi adalah pembuatan kapal dengan merakit komponen standar.

Layanan Kami

Apa Arti Dari Teknik Manufakturing?

Manufaktur adalah proses mengubah bahan baku menjadi produk jadi, melalui operasi industri skala besar. Pembuatan kata kerja, yang merupakan kata kerja dari mana pembuatan berasal, didefinisikan dalam kamus Merriam-Webster sebagai “proses pembuatan barang dengan tangan atau dengan mesin terutama ketika dilakukan secara sistematis dengan pembagian kerja.”

Pembuatan didefinisikan dalam kamus Oxford sebagai “membuat (sesuatu) dalam skala besar menggunakan mesin.” Sebagaimana terbukti dari definisi ini, manufaktur melibatkan produksi skala besar menggunakan tenaga kerja, mesin, peralatan, dan / atau proses kimia atau biologis. Beberapa contoh produk yang melalui proses pembuatan adalah peralatan rumah tangga, mobil, dan pesawat terbang.

Proses pembuatan adalah langkah-langkah yang harus dijalani bahan baku sebelum dikonversi menjadi produk akhir. Manufaktur, dalam bentuknya yang paling awal, hanya mencakup pengrajin yang terampil dan asistennya. Tapi, setelah revolusi industri, manufaktur menjadi industri skala besar.

Jasa Fabrikasi Conveyor Terlengkap (Kualitas, Harga & Waktu Terjamin!)

Perbedaan Teknik Fabrikasi Logam Dan Manufaktur

Mari kita lihat contoh fabrikasi logam dan manufaktur untuk memperjelas perbedaan antara fabrikasi dan manufaktur.

Fabrikasi Manufaktur
Definisi Fabrikasi adalah proses membangun produk dengan menggabungkan beragam, biasanya bagian standar. Manufaktur adalah proses mengubah bahan baku menjadi produk jadi, melalui operasi industri skala besar.
Proses Komponen standar dirakit untuk membangun produk akhir. Bahan baku dikonversi menjadi produk akhir.

Bayangkan bahwa perusahaan tertentu mengimpor suku cadang mobil untuk mobil Volkswagen dan merakitnya, menciptakan mobil Volkswagen yang sudah jadi.

Tetapi, proses yang dilakukan oleh pabrik ini adalah fabrikasi karena mereka tidak benar-benar melakukan proses manufaktur mobil dari bawah ke atas. Sebaliknya, pabrik-pabrik yang membuat suku cadang kendaraan dari bahan baku terlibat dalam proses manufaktur.

Penting juga untuk dicatat bahwa istilah fabrikasi digunakan untuk merujuk pada proses yang berbeda; fabrikasi logam adalah proses pembuatan struktur logam dengan memotong, menekuk, dan merakit.

Ringkasan Teknik Fabrikasi Logam Dan Manufaktur

Teknik fabrikasi logam dan manufaktur adalah dua proses mekanis yang terlibat dalam produksi barang dagangan. Fabrikasi adalah proses membangun produk dengan menggabungkan beragam, biasanya bagian standar. Manufaktur adalah proses mengubah bahan baku menjadi produk jadi, melalui operasi industri skala besar. Inilah perbedaan utama antara fabrikasi dan manufaktur.

PT Datum Presisi Indonesia merupakan perusahaan yang mampu melaksanakan baik fabrikasi maupun manufaktur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: checked
Scroll to Top