Your SEO optimized title Your SEO optimized title

3 Kelebihan Wire Mesh Conveyor Untuk Mempercepat Lini Produksi Anda!

Artikel ini menjelaskan tentang segala sesuatu wire mesh conveyor termasuk penggunaan dan kelebihan wire mesh conveyor ini. Namun sebelumnya dijelaskan terlebih dahulu tentang wire mesh.

Wire Mesh Conveyor

Pendahuluan

Ada berbagai macam jenis dan sistem conveyor atau disebut juga ban berjalan yang tersedia untuk berbagai industri dan sektor yang memanfaatkan penanganan bahan atau pembuatan di lini produksi.

Pilihan tentang jenis conveyor yang akan digunakan tentu saja tergantung pada proses yang akan dicapai. Jika Anda baru mengenal dunia conveyor, website ini memberikan informasi lengkap tentang berbagai jenis conveyor yang ideal untuk usaha Anda. Hari ini kita akan fokus pada wire mesh conveyor.

Namun sebelumnya kita bahas tentang hal itu, terlebih dahulu apa itu wire mesh .

Apa Itu Wire Mesh?

Apa itu wire meshwire mesh adalah bahan material yang terbuat dari beberapa batang logam, baja, stainless steel, atau aluminium yang dihubungkan satu sama lain dengan cara dilas atau dihubungkan dengan menggunakan sejenis pin atau peralatan lain sebagai penghubung. Hasil akhir akan berbentuk lembaran dan terdapat beberapa jenis yang dapat digulung.

Wire mesh dibuat dalam berbagai jenis dan ukuran yang disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan konsumen. Sebagai contoh yang wire mesh tipis (flat wire belt) dapat digunakan salah satunya sebagai saringan sayuran.

Contoh lain adalah wire mesh yang berukuran lebih besar dapat digunakan sebagai belt untuk kepentingan diberbagai sektor industri. Ada juga tipe wire mesh yang digunakan untuk perawatan taman dan landscapeperumahan.

layanan

Wire Mesh Untuk Konstruksi Beton

Untuk dunia konstruksi beton, jenis wire mesh yang sering di pakai ialah wire mesh yang dilas. Wire mesh ini dipasang atau diinstall sebelum campuran material beton dituangkan. Campuran material beton tersebut dituang diatas wire mesh yang selanjutnya diratakan.

Kelebihan beton yang menggunakan wire mesh ini akan lebih kokoh. Hal ini dikarenakan gabungan wire mesh dan campuran material beton memiliki daya tarik yang lebih tinggi. Kelebihan lain dari wire mesh untuk konstruksi beton ini adalah dapat membantu menstabilkan beton agar tidak mudah rapuh.

Karakteristik wire mesh yang digunakan untuk konstruksi beton adalah berupa rangkaian dari batang-batang besi yang saling kait-mengkait satu dengan yang lainnya sehingga tidak perlu dianyam lagi.

Wire mesh produksi kami, PT Datum Presisi Indonesia – sebagai wire mesh belt manufacturers, memiliki kelebihan dalam kemudahan pemasangan dan instalasi. Kemudahan instalasi ini, dapat mempercepat proses pemasangannya. Hal ini pada ujung-ujungnya dapat menghemat biaya bila dibandingkan dengan menganyam besi beton secara manual.

Namun selain kelebihan tadi, saat ini penggunaan wire mesh yang sudah umum tersebut masih terkendala pada harga yang relatif mahal. Hal ini bisa saja dikarenakan penggunaan bahan, desain wire mesh yang kurang tepat.

Namun fleksibilitas dan jenis ukuran yang dapat berbeda membuat wire mesh ini sebagai pilihan paling tepat untuk berbagai pekerjaan konstruksi, baik pembangunan rumah atau bangunan komersial.

Keunggulan Wire Mesh

Penggunaan wire mesh, kini semakin luas karena keunggulannya yang dimiliki. Berikut adalah beberapa keunggulan dari penggunaan wire mesh :

  1. Cocok digunakan dalam oven, makanan, tungku, penempaan, pengecoran dan aplikasi pendinginan;
  2. Mampu untuk menahan suhu rendah dan suhu tinggi;
  3. Mampu than terhadap korosi kimia;
  4. Memungkinkan aliran udara / air / uap atau cairan lainnya;
  5. Mudah diaplikasikan ke berbagai keperluan;
  6. Material awet dan tahan lama.

Beberapa aplikasinya antara lain Annealing, Healing, Baking, Drying ,Washing, Dehydrating dan Cooling.

Wire Mesh Conveyor

Wire mesh merupakan sistem conveyor dengan menggunakan wire mesh sebagai belt, maka sering disebutwire mest conveyor belt. Conveyor ini memiliki berbagai jenis dan model yang disesuaikan dengan aplikasi dan pemanfaatannya pada keadaan di lapangan.

Conveyor digunakan untuk mengangkut barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Bagian-bagian kecil dari mesh tersebut tersusun menjadi sistem belts/sabuk yang fleksibel. Sistem ini memungkinkan perpindahan barang/material menjadi lebih mobile dan mudah diakses.

Wire mesh conveyor belt tersebut pada umumnya terbuat dari stainless steel karena bahan ini lebih awet, tahan terhadap air dan korosi, sering disebut stainless steel wire belt. Belt yang terbuat dari stainless steel ini, stainless steel wire belt, biasanya digunakan pada industri pengolahan makanan.

Selain itu, stainless steel wire belt digunakan juga pada pada lokasi yang memerlukan pengaturan lain seperti bangunan gudang yang membutuhkan belt untuk meningkatkan ventilasi. Hal lainnya adalah apabila wire mesh–nya dapat dicuci dengan mudah dan cepat.

Apa dan Bagaimana Chain Conveyor? (Chain Conveyor adalah …)

Jenis Wire Mesh Conveyor

Wire mesh conveyor dapat dibuat dari baja ringan dan datang dalam dua bentuk umum – sabuk konveyor ‘enrober‘ dengan celah lebar, juga dikenal sebagai sabuk honeycombe, dan sabuk rantai yang dirajut erat yang mengingatkan pada chainmail pada abad pertengahan.

Wire mash conveyor design sangat beragam dan bermacam-macam. Wire mash conveyor design tersedia dalam berbagai lebar dan panjang, dibuat khusus untuk kebutuhan setiap pelanggan, sesuai dengan objek yang dipindahkan. Karena struktur wire mesh belt, conveyor biasanya hanya mendukung benda yang relatif ringan.

Dari pengalaman kami sebagai fabrikan conveyor pada umumnya dan wire mesh belt manufacturers pada khususnya, bahwa segala sesuatu dalam pembuatan conveyor perlu didiskusikan sebagai dengan konsumen. Conveyor design yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan budget yang ada.

Produksi Wire Mesh Conveyor

Kami merancang wire mesh conveyor  untuk dapat bertahan lama. Sebagai contoh, conveyor yang pernah kami buat adalah terbuat dari rangka samping konstruksi baja dan dudukan penyangga ketinggian yang dapat disetel, dan digerakkan oleh unit motor yang digerakkan oleh poros.

Strip aus dipasang di bawah conveyor belt untuk membantu memandu dan mendukungnya. Sepasang rantai pin bantalan berongga, yang melaluinya staybars dipasang secara teratur ke wire mesh untuk memberikan dukungan.

Mesin yang digunakan dilengkapi dengan opsi kontrol kecepatan berbeda, serta kontrol stop/start normal, untuk membantu menyesuaikan conveyor yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bahan Pembuatan Wire Mesh Conveyer dan Pemanfaatannya

Wire mesh conveyor belt biasanya terbuat dari bahan stainless steel atau nished dengan galvanization.

Berikut adalah beberapa tipe yang ada, yaitu:

  • Balance Weave Mesh Conveyor Belt (Galvanized and Stainless Steel)
  • Flat Flex Mesh Conveyor Belt atau Chocolate Mesh Conveyor
  • Repair Pins

Akhir-akhir ini, wire mesh conveyor lebih banyak digantikan oleh modular plastic belt, akan tetapi wire mesh conveyor semakin menunjukan tingkat efisiensi yang lebih tinggi untuk bidang-bidang industri atau kegunaan khusus dibandingkan dengan efisiensi modular plastic belt.

Pada mesin oven (pemanas), wire mesh conveyor masih digunakan di mesin oven pada industri makanan. Fungsi  conveyor jenis ini pada oven tersebut tidak dapat digantikan oleh belt conveyor  yang lain, jenis modular ataupun table top chain.

Kami, PT Datum Presisi Indonesia – wire mesh belt manufacturers, melayani jasa fabrikasi wire mesh conveyor dengan material lain dengan ukuran berbeda (lebar pitch spiral, diameter kawat, jarak rod) sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kami juga mengerjakan pembuatan berbagai unit conveyor. Dalam pembelian bahan material, kami selalu mengutamakan untuk penggunaan jangka panjang, kualitas material harus selalu dinomorsatukan.

Jasa Fabrikasi Conveyor Terlengkap (Kualitas, Harga & Waktu Terjamin!)

Kelebihan Utama Wire Mesh Conveyor

Keuntungan utama menggunakan mesh conveyor adalah kemampuannya untuk memungkinkan udara dan cairan bersirkulasi di sekitar komponen dan produk saat dibawa.

Kelebihannya ini akan sangat bermanfaat pada sektor industri yang perlu menghangatkan, mendinginkan, atau ‘mengeringkan’ produk dan material saat bergerak bepergian, seperti pencetakan, daur ulang, farmasi, pengolahan makanan, pertanian dan otomotif.

Hal ini yang membuat conveyor ini sangat fleksibel dan berguna, mengangkat fungsi conveyor yang dari sekadar cara memindahkan bahan, komponen, dan produk, menjadi bagian terintegrasi dari proses pembuatan.

Banyak dari industri yang menggunakan wire mesh conveyor terikat dengan standar mutu kesehatan dan kebersihan yang tinggi, dan/atau perawatan intensif. Karakteristik wire mesh belt diatas dapat memungkinkan tercapainya kedua persyaratan tersebut dengan mudah.

Selain itu, conveyor jenis ini biasa banyak digunakan untuk mengangkut barang potongan dan bahan yang melalui anil, pemanasan, backing dan pengeringan dengan tungku. Tungku dimaksud dapat bertemperatur hingga 1.000 derajat celcius sebagai perapian mobile.

Tungku tersebut biasanya digunakan untuk memanggang roti misalnya, kembang gula dan juga untuk mencuci, dehidrasi, pendinginan dan pengoperasian sejenis.

Penutup

Diskusikan dengan kami, bagaimana produk wire mesh conveyor dapat memberikan manfaat lebih bagi bisnis Anda.

Apapun kebutuhan Anda tentang wire mesh pada umumnya dan conveyor belt pada khususnya, kami dari PT Datum Presisi Indonesia sebagai perusahaan fabrikasi logam siap membantu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
error: Alert: Content is protected !!